Rabu, 01 Juni 2016

Tips Membuat Bumbu Dasar


Bumbu merupakan komponen penting didalam kegiatan memasak. Bisa dikata, WAJIB dalam masak.. dengan adanya bumbu, masakan yang dihasilkan akan lebih lezat dan ber-aroma sedap.


















Bersyukur sekali, negara kita adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Sehingga masakan-masakan nusantara kita mempunyai ciri khas rempah Indonesia banget.

Banyak sekali jenis-jenis bumbu dan perbedaan proses pembuatan bumbu. Bumbu dari tumbuhan, buah sampai dengan hewan. Proses pembuatan ada yang dengan cara dimemarkan, diulek, disangrai, dibakar, ada juga dengan menyaring sari pati dari bahan rempah.

Kesimpulan bahwa secara garis besar, bumbu masak dibagi menjadi tiga bumbu dasar. Karena bumbu dasar ini berguna untuk menambah bumbu lain sehingga menjadi masakan yang lebih beragam dan lebih lezat.





Bumbu Dasar Putih

Bumbu ini biasanya digunakan untuk masakan seperti opor, semur, tempe bacem, atau gudeg.

Bahan yang dibutuhkan :

10 biji                   Bawang Merah
8 siung                 Bawang Putih
8 butir                  Kemiri
100 ml                  Minyak Sayur

Blender semua bahan. Panaskan minyak dan tumis bumbu dasar putih sampai harum. Bumbu siap untuk dipakai. Jika bumbu ingin disimpan di kulkas, sebaiknya jangan ditumis dulu. Sehingga pada saat sudah mau dipakai, baru anda tumis dan campurkan dengan bahan masakan lainnya.


Bumbu Dasar Kuning

Bumbu ini biasanya digunakan untuk nasi kuning, kari, ayam goreng, dan soup ayam juga bisa.

Bahan yang diperlukan sama dengan bumbu dasar putih, hanya cukup menambah satu bahan lagi, yaitu :

4 cm                     Kunyit

Proses pembuatan juga sama, yaitu dengan diblender, dan tumis pada saat sudah ingin dipakai untuk memasak.


Bumbu Dasar Merah

Bumbu ini biasanya digunakan untuk masakan yang ber cita rasa pedas. Seperti sambal goreng, rending pedas, gulai, kari, rujak, asam pedes dan bumbu balado.

Bumbu yang diperlukan sama dengan bumbu dasar kuning, hanya menambah satu bahan lagi, yaitu :

10 batang              Cabe Merah Besar

Bisa juga anda menggunakan Cabe Keriting dan menambah Cabe Rawit secukupnya sehingga lebih pedas sesuai yang diinginkan.

Proses pembuatan sama, cukup diblender dan ditumis pada saat sudah ingin dipakai memasak.




Penyimpanan Bumbu Dasar

Bumbu dasar yang sudah jadi, bisa anda pakai bersamaan dengan rempah lainnya seperti serai, lengkuas, jahe, daun jeruk, atau daun salam. Sesuaikan dengan jenis masakan anda.

Jika anda membuat bumbu dasar dengan jumlah banyak, dengan tujuan menyimpannya untuk digunakan hari ke depan. Kita harus tahu cara penyimpanan bumbu yang benar dahulu.
Siapkan wadah dengan tutupan yang rapat. Pastikan wadah tersebut benar-benar kering dan bersih sebelum menyimpan bumbu, supaya mencegah jamur.


Tutup rapat dan simpan di lemari pendingin. Maka bumbu akan bertahan kurang lebih 1-2 minggu. Sedikit tips tambahan, biasanya saya menyimpannya dalam kemasan plastik, sehingga saya bisa mengatur jumlah penggunaan sekali masak. 




-------------------------------------------------------------------

BACA Juga :



-------------------------------------------------------------------